Perjuangan Masuk UNY

Kamis, 06 Oktober 2011

Waktu berjalan begitu cepat sampai ku duduk di kelas XII SMA. Pintu gerbang masa depan sudah di depan mata, tinggal gimana caranya ngelewatin jalan menuju gerbang itu. Aku mulai sibuk penganiayaan atau pelajaran tambahan di sekolah, selain itu aku juga ikut bimbingan belajar diluar untuk tembus UN dan PTN.Aku pengen banget masuk jurusan Teknik Busana di UNY, tapi anehnya jurusan itu masuk tes IPS bukan IPA, sedangkan aku dari jurusan IPA.Aku makin pusing gimana caranya bisa ngerti pelajaran IPS dalam waktu 5 bulan??Akhirnya aku Cuma beli buku SNMPTN IPS tahun lalu dan poto copy buku IPS punya temanku.Masuk PTN ini banyak banget perjuangannya, pertama aku mau masuk UNS lewat PMDK, aku sibuk perbaikan nilai dan tetekbengek lainnya.Selesai ngurus pas mau daftar online nggak taunya sekolahku belum terdaftar di UNS. Selain itu waktu tutup tinggal 2 hari lagi.Guruku yang ngurus PMDK ini juga sok sibuk, tuh orang nggak mau bantuin.Akhirnya sia-sia sudah.

Ternyata tahun ini ada jalur undangan dan tulis, aku ikut lagi jalur undangan. Aku pilih UNY dan UM (malang) dan ternyata aku gagal lewat undangan. Aku terbang ke jogja buat ujian tulis SNMPTN, saat itu aku punya masalah, kartu pesertaku nggak ada fotonya.Katanya kalo nggak ada fotonya nggak bakal kesaring dan bakal dicurigain, akhirnya aku ngurus di UNTIRTA serang, katanya buat ngurus itu harus di Serang atau Jakarta.Pas kesana aku nunggu lama banget, setelah nunggu lama pas di cek namaku nggak terdaftar di panlok tangerang.Aku harus ke jogja UNY buat ngurus itu semua, karna jauh akhirnya aku coba ngurus di pusatnya Jakarta. Akhirnya aku Cuma disuruh ngirim lewat email, beberapa jam kemudian orang itu bilang aku nggak bisa ngurus di Jakarta, Aku harus ke Jogja buat ngurusnya sedangkan papaku udah beli tiket pesawat buat hari minggu,padahal UNY tutup kalo hari minggu. Tiket pesawat tiap maju satu hari harus nambah uang 250.000, papaku nggak mau nambah karna jadi mahal banget, akhirnya aku disuruh nyari bis hari itu juga aku harus ke jogja, padahal aku belum nyiap-nyiapin baju. Aku sama mama pergi ke pom buat beli tiket, nggak taunya berangkat bisnya jam 2, sedangkan waktu itu jam 1. Aku sama mamaku udah pusing banget, akhirnya mamaku ngerayu papa buat nambah duit tiket pesawat, papakupun mau.

Aku tes dijogja karna pilihanku di daerah jawa tengah semua.Aku pilih UNY dan UNNES.Udah 2 hari aku mimpi kalo aku nggak diterima di UNY, dari situ aku kepikiran terus sampe aku sakit-sakit dirumah nenekku.Aku pun disuruh pulang ke Tangerang.Saat pengumuman ternyata bener aja aku nggak diterima.Ini bener-bener kenyataan.Jalur undangan dan tulis aku gagal. Persis kayak dimimpiku dua kali gagal. Akhirnya aku memutuskan lewat Seleksi Mandiri, selain itu ada lagi Ujian Masuk Bersama(UMB) tapi ku nggak tega mintanya, karna formulirnya mahal, selain itu daya tampungnya juga sedikit, dan nggak memungkinkan banget.

Hatiku kesentuh banget pas mamaku bilang “Udah kamu nggak usah mikirin uangnya, papa sama mama selalu berusaha yang terbaik buat mbak fika.Mbak fika belajar aja yang serius” denger itu aku meneteskan air mata.Orang tua selalu ingin memberi anaknya yang terbaik demi meraih cita-citanya, gimana nanti seandainya aku nggak bisa membalas yang terbaik juga?Dengan diterimanya aku di PTN itu udah membuat Orang tua ku bangga.

Dari situ aku mulai belajar dengan serius dan tekun tak lupa aku solat malam dan selalu berdoa. Pesan papa “Kalo kamu mau jadi orang yang beruntung pertama dekatkan diri kepada Allah,kedua patuh dengan orangtua, ketiga baik kepada siapapun. Insyaallah kamu jadi orang yang beruntung.Sepinter-pinternya orang tapi nggak dekat dengan Allah belum tentu dia orang yang beruntung. Orang yang beruntung itu mengalahkan orang tergenius sedunia.” Kata-kata itu nggak pernah ku lupain, selama itu aku selalu di gojlog sama papa, dengan kata-kata yang sangat sangat pedas! Tapi aku tau papa pasti pingin aku lebih semangat lagi buat ngeraih cita-cita ku.Bayangin aku dibanding-bandingin, di malu-maluin di depan sodara-sodaraku?! Malu banget aku digituin, sampe aku mau nangis. Mana ada orang mau dibandingin sama yang lain. Gue ya gue, elo ya elo.

Seminggu sebelum tes aku berangkat ke Jogja, tanpa pamit ke sahabat-sahabat ku dirumah, selama seminggu itu aku belajar terus menerus.Hari sabtu aku tes UMB di Ahmad Dahlan, aku pilih UNJ dan UNNES. Waktu ngerjain soal-soalnya hamper banyak yang keluar di SNMPTN tahun lalu. Dengan PEDE aku yakin diterima lewat UMB.Besoknya aku tes SM di UNY.Temenku SMP ternyata daftar juga di UNY, akhirnya kami bareng-bareng berangkat tes.

Pas Tes TPA aku masih lancar-lancar aja, tapi pas IPS kepalaku pusing banget banget, apa yang aku pelajarin hampir nggak ada yang keluar, jangankan hampir. Malah bener-bener nggak ada yang keluar. Aku gugup banget, aku berdoa terus minta sama Allah agar diberi kelancaran dan petunjuk. Tiap ngisi satu soal aku Cuma baca bismillah.Selesai tes aku Tanya-tanya temenku tentang soal IPS tadi.Temenku jawab dengan santai “Soal-soalnya kayak UN, lumayan sih agak gampang” ‘Maaakk nyooosss’ aku makin kepikiran aku sampe pesimis nggak bakal diterima.Pulang dari tes kita jalan kaki ngeliat-liat kos-kosan. Temenku udah asik nyari kos-kosan tapi aku masih kepikiran sama soal-soal tadi.

Detik-detik pengumuman, saking takutnya nggak diterima lagi karna UMB gagal, papaku udah daftarin aku SM D3 di UNY. Aku nggak tidur sampe jam 2 pagi buat nunggu pengumuman, nggak taunya pengumumannya jam 9 siang.Sebelum tidur seperti biasa aku solat tahajud. Subuh-subuh aku bangun terus solat dan nggak bias tidur lagi. Papaku nggak bias masuk-masuk di web SM UNY. Akhirnya aku beli Koran sama pakdeku. Pas pegang tuh Koran tanganku gemeteran banget, aku nggak sanggup ngeliatnya, aku suruh aja tante ku yang liat, tanteku bilang namaku nggak ada.Aku makin penasaran akhirnya aku beraniin ngeliat, baru sekilas ngeliat namaku udah keliatan. HUAAAAAAA..aku teriak-terik sambil nangis. Namaku ada! Namaku ada! Annisa Rafika Sarinastiti PT.Busana!! hahahahaa. Aku langsung telepon Mama sambil nangis, Mamaku ketawa seneng tapi agak nggak percaya.huh. keluargaku yang di Surabaya, Wonosari ku telepon semua. Tapi papaku ini malah nanya-nanya daftarin aku di UGM D3.SMS ku nggak nyampe di Papa.

Akhirnya impian ku tercapai, masuk UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.Hahahahahaha.Aku bisa buat Papa Mamaku bangga. ‘nggak tau juga sih, tapi mereka pingin banget aku bisa di UNY’ baju-bajuku dikirim Mama lewat kantor pos. seminggu kemudian Mamaku cerita buat nasi kuning tuk tetangga-tetangga sama sahabat-sahabatku, katanya “buat syukuran Fika di terima di UNY.Semoga Fika bisa ngeraih cita-citanya dan jadi orang sukses” aku tersipu malu.hihihihi. segitu senengnya Mama. Aku pandangi terus namaku yang terpampang di Koran.Tak lupa ku ngucapin terima kasih Ya Allah, engkau telah melihat usahaku dan mendengar doaku.Aku tau kau selalu memberi cobaan yang nggak mungkin diluar kemampuan manusia, dan aku melewati itu semua dengan sabar dan ikhlas. Aku tau kau punya rencana besar di setiap masalah yang aku dapati J

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Artikel pengalamannya bagus kakz,semoga saya juga di terima di UNY ya . amin

Anonim mengatakan...

semoga saya bisa diterima di UNY juga amin:)

Yusuf mengatakan...

Mbaknya FT UNY 2011 sama mbak aku juga. bedanya aku gk begitu berharap masuk UNY malah diterima.

Posting Komentar